Mobil hatchback kerap menjadi salah satu pilihan masyarakat perkotaan yang menginginkan mobil yang kompak serta mudah dikemudikan. Dengan dimensi yang mungil, hatchback tentu bakal lebih mudah bermanuver terutama ketika melewati wilayah perkotaan yang bervariasi jalannya.

Dengan harga baru yang masih cukup tinggi, tentu beberapa dari Sobat Otopart sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil hatchback bekas, terutama di harga di bawah 100 juta.

Otopart mencoba merangkum pilihan mobil hatchback bekas di harga di bawah 100 juta yang dirangkum dari harga di berbagai situs jual beli mobil online. Yuk simak rekomendasinya:

Honda Brio

PJK Nov 2021 - KM 81 RB record Honda - Brio 2012 CBU Manual 0

Sejak awal kemunculannya di 2012, Honda Brio diplot sebagai alternatif masyarakat yang mencari hatchback Honda dengan harga yang lebih terjangkau dari Honda Jazz. Dimensi yang lebih ringkas ditambah desain yang segar membuat Brio menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Di Indonesia sendiri Brio mulanya didatangkan secara CBU dari Thailand. Kesuksesan Brio membuat Honda akhirnya memutuskan untuk merakit Brio di Indonesia dengan menghadirkan juga versi LCGC dari Brio yang diberi nama Brio Satya.

Bicara soal spesifikasi, Brio memiliki 2 tipe mesin. Versi yang didatangkan dari Thailand menggunakan mesin 1300 cc 4 silinder. Sedangkan versi yang dirakit di Indonesia dilengkapi dengan mesin 1200 cc 4 silinder.

Brio sendiri dikenal dengan karakter mengemudinya yang fun to drive ala Honda serta keiritannya. Untuk harga pasaran sendiri, Sobat Otopart dapat menjumpai Honda Brio bekas dengan harga mulai 82 jutaan untuk varian Brio Satya tahun 2013.

Mazda 2

Mazda 2 R matic 2009. Murah meriah 0

Mazda 2 bisa dibilang sebagai salah satu mobil yang membangkitkan kembali merek Mazda di Indonesia. Pertama dirilis pada 2009, hatchback ini langsung menantang rival-rivalnya seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Hadir dengan 2 varian saat itu yaitu S dan R, Mazda 2 mampu menarik pasar dengan desainnya yang cukup sporty serta mesin yang cukup responsif untuk melewati kemacetan di kota besar. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti adanya steering switch control yang tidak dimiliki beberapa rivalnya.

Urusan dapur pacu, Mazda 2 dilengkapi mesin 1500 cc 4 silinder dengan tenaga 111 Hp dengan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan.

Di pasaran sendiri, Mazda 2 tipe tertinggi buatan tahun 2012 dibanderol dengan harga mulai dari 85 jutaan.

Ford Fiesta

Ford fiesta 1.5 trend 2014 matik nik 13 0

Meski memiliki merek dari Amerika, ternyata Ford Fiesta generasi ke-6 yang masuk ke Indonesia secara resmi mulai tahun 2009 ini berbagi platform yang sama dengan Mazda 2. Tak heran jika dilihat sekilas, bentuknya mirip-mirip.

Pada awal kemunculannya, Ford memasukan 2 varian Fiesta yaitu Trend dan S yang memiliki perbedaan yang cukup mencolok, terutama di bagian mesin. Di tahun 2014 Fiesta mendapat facelift serta 2 pilihan mesin baru yaitu 1.5 liter 4 silinder untuk tipe Trend dan S serta mesin turbo 1 liter 3 silinder yang dikenal dengan Ecoboost.

Berbeda dengan saudaranya dari Jepang, Fiesta memiliki segudang fitur yang unik dan tergolong lengkap di kelasnya. Mulai dari transmisi otomatis dual-clutch, teknologi voice command, hingga fitur keselamatan yang lengkap. Tak hanya itu Fiesta juga dikenal sebagai hatchback yang fun to drive.

Pantauan Otopart, Fiesta tipe S tahun 2010-2011 dijual di rentang harga 82-85 jutaan. Sementara versi facelift tahun 2014 dijual mulai harga 90 jutaan.

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion 2012 mt 0

Terkenal sebagai merek mobil kompak, Daihatsu merilis Sirion yang mulai dijual di Indonesia pada 2007. Kembaran Perodua Myvi yang merupakan mobil terlaris di Malaysia ini menjadi primadona karena harganya yang saat itu lebih murah dari Honda Jazz atau Toyota Yaris.

Daihatsu Sirion pun mendapat facelift pada 2008 dengan tambahan varian baru serta pilihan transmisi otomatis yang belum ada di awal kehadirannya. Versi M sendiri tampil dengan body kit serta pelek 16 inci. Sirion kemudian kembali mendapat facelift pada 2016 dengan tambahan varian Sirion Sport.

Meski tak semewah rival-rivalnya, namun Sirion dikenal memiliki ruang interior yang luas meski memiliki ukuran bodi yang kompak. Selain itu karena menggunakan mesin K3VE berkapasitas 1300 cc 4 silinder segaris yang juga digunakan oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, urusan suku cadang mesin tidak menjadi masalah.

Untuk harga sendiri, pasaran Sirion bekas masih stabil di angka 82-85 jutaan untuk Sirion tahun 2012-2014 hingga 92-95 jutaan untuk Sirion tahun 2016

Nissan March

Nissan March XS AT Tahun 2013, KM 60 RB Record, Pajak Panjang 2

Alternatif hatchback bekas murah lain adalah Nissan March. Perdana muncul pada 2010, March hadir dengan opsi mesin 1200 cc 3 silinder yang berbeda dari rival-rivalnya yang saat itu mengusung mesin 4 silinder.

Meski begitu, March tetap punya fitur lengkap seperti tilt steering, climate control digital, dan dual SRS airbag.

Perjalanan March di Indonesia sendiri tergolong cukup panjang. Sejak hadir pada 2010 tercatat Nissan baru menghentikan penjualannya pada 2020. Itu setelah melalui 1 kali facelift dengan penambahan opsi mesin 1500 cc 4 silinder yang mendampingi mesin 1200 cc 3 silinder.

Untuk ukuran hatchback, suspensi March tergolong cukup empuk. Ditambah visibilitas yang luas serta penggunaan electric power steering yang membuat setir lebih ringan dan radius putar yang kecil membuat March kerap menjadi pilihan bagi wanita.

Sobat yang tertarik dengan March bisa memboyong mobil ini dengan harga mulai 70 jutaan untuk versi otomatis tahun 2011 hingga 95 jutaan untuk versi mesin 1.5 liter buatan tahun 2014.

Itu tadi 5 mobil hatchback bekas dengan harga di bawah 100 jutaan yang Otopart rekomendasikan di tahun 2020 ini. Jika sobat juga tengah mencari aksesoris yang tepat untuk mobil sobat, sobat bisa mencarinya di situs otopart.id yang menyediakan berbagai aksesoris bagi mobil sobat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.