Kelas hatchback adalah salah satu kelas mobil yang cukup hangat di pasar Indonesia selain MPV. Kebutuhan masyarakat perkotaan Indonesia yang membutuhkan mobil kompak yang mampu bermanuver di kepadatan kota membuat hatchback menjadi salah satu model mobil yang populer.
Daihatsu Sirion adalah salah satu mobil hatchback yang meramaikan bursa mobil hatchback di Indonesia. Sejak pertama kali dihadirkan Astra Daihatsu Motor pada 2007, mobil yang didatangkan secara CBU dari Malaysia ini mampu menarik pasar dengan harganya yang cukup kompetitif dan fitur-fitur uniknya.
Sirion sebenarnya adalah rebadge dari Perodua Myvi yang sudah keluar lebih dulu sejak 2005. Perodua sendiri adalah perusahaan mobil nasional asal Malaysia yang sahamnya juga dimiliki oleh Daihatsu.
Perjalanan Daihatsu Sirion di Indonesia saat ini sudah memasuki generasi ketiga, di mana generasi terbarunya dirilis pada 2018 lalu. Ini dia sejarah singkat Daihatsu Sirion di Indonesia.
Daihatsu Sirion Generasi Pertama
Daihatsu Sirion pertama kali hadir di Indonesia pada 2007. Kesuksesan Myvi di negara asalnya kemudian membuah Daihatsu memasukkan Sirion ke Indonesia. Saat itu, kehadiran Sirion ditujukan untuk menggantikan Daihatsu Ceria yang juga merupakan versi Indonesia dari Perodua Kancil.
Sirion generasi pertama sendiri desainnya berbasis dari Daihatsu Boon yang sudah mengaspal sejak 2004. Memiliki desain membulat, Sirion sekilas mirip dengan Toyota Yaris yang juga saat itu menjadi kompetitiornya.
Meski di Malaysia punya 2 pilihan mesin, di Indonesia Sirion hanya dijual dengan mesin 1.3 liter berkode K3-VE yang juga dipakai di Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia generasi pertama. Mesin dengan teknologi VVT-i ini mampu menghasilkan tenaga 87 ps dan torsi 116 nm yang menyalurkan tenaga ke roda depan lewat transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.
Sirion generasi pertama hanya hadir dalam satu varian yaitu varian M dengan fitur yang cukup lengkap saat itu seperti head unit yang bisa memutar CD, 4 speaker, dan power window. Pada 2009, Sirion mendapat facelift pada desain gril dan bumper yang berubah serta peningkatan fitur dan juga merilis varian spesial yang bernama Drift dan Femme.
Daihatsu Sirion bekas generasi pertama kini dapat dijumpai di pasaran di harga 60 jutaan untuk unit tahun 2007
Daihatsu Sirion Generasi Kedua
Generasi kedua Daihatsu Sirion hadir pada 2011 pada gelaran Indonesia International Motor Show. Masih berbasis pada Daihatsu Boon generasi kedua, Sirion generasi ini memiliki desain yang cukup berbeda dari generasi pertamanya.
Ubahan terlihat di bagian wajah, termasuk di bagian grill, bumper, lampu, dan kap mesin sehingga tampilannya terlihat lebih elegan. Bagian lampu belakang juga menggunakan lampu desain memanjang sehingga terlihat lebih modern.
Bagian interior sendiri juga mengalami ubahan di mana ubahan terbesar terlihat di tuas transmisi yang kini berpindah posisinya di bagian dasbor serta speedometer yang kini menggunakan optitron sehingga terlihat lebih stylish. Ada juga head unit yang kini lebih canggih dengan adanya dukungan USB serta Bluetooth.
Mesin sendiri masih sama dengan generasi sebelumnya yang menggunakan mesin K3-VE 1.3 liter 4 silinder dengan tenaga 90 ps dan torsi 117 nm dengan pilihan transmisi yang sama yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
Tahun 2015 Sirion mengalami facelift dengan penyegaran di bagain pelek, grill, tambahan lampu LED, spoiler belakang, muffler cutter, dan spion yang bisa dilipat otomatis. Facelift ini membuat Sirion semakin sporty.
Pasaran Daihatsu Sirion bekas generasi kedua ini cukup bervariasi. Untuk tipe pre-facelift tahun 2012 bisa didapatkan di harga sekitar 80-90 jutaan. Sedangkan untuk tipe facelift tahun 2016-2017 ada di angka 100 jutaan.
Daihatsu Sirion Generasi Ketiga
Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2018. Daihatsu menghadirkan generasi ketiga Sirion di Indonesia. Setelah 2 generasi sebelumnya berbasis dari Daihatsu Boon, kali ini Sirion menggunakan desain baru yang didesain sendiri oleh Perodua. Desain baru ini membuat Sirion tampil lebih mirip seperti hatchback pesaingnya seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, atau Suzuki Baleno.
Tak hanya desain yang berubah signifikan, fitur Sirion terbaru juga lebih lengkap karena kini telah dilengkapi dengan lampu depan LED yang memiliki pengaturan otomatis, antena berbentuk shark fin, wiper depan belakang dengan fitur auto, head unit 2DIN baru, AC digital, serta power outlet di jok.
Fitur keamanan Sirion juga semakin lengkap dengan adanya ABS, EBD, VSC, traction control, airbag 4 titik, dan pengingat pemakaian sabuk pengaman. Dapur pacu Sirion terbaru juga sudah menggunakan mesin baru berkode 1NR-VE dengan Dual VVT-i berkapasitas 1.3 liter dengan tenaga 95 ps dan torsi 121 nm.
Pada 2020, Sirion mendapat facelift ringan dengan tambahan body kit, head unit baru dengan layar sentuh 7 inci, serta pilihan warna baru.
Daihatsu Sirion baru kini dijual di angka 200 jutaan. Namun jika mencari unit bekasnya, Sobat bisa mendapatkannya di harga 150 jutaan.
Rekomendaasi Head Unit Android Untuk Daihatsu Sirion
Sobat Otopart sudah punya Daihatsu Sirion tapi kurang puas dengan head unit bawaannya? Otopart.id punya pilihan head unit dari Orca yang kompatibel dengan mobil sobat loh. Tersedia dengan ukuran 7 inci dan 10 inci, pemasangan head unit Orca dijamin plug and play buat Sirion sobat.
Yuk segera pesan head unit Orca hanya di Otopart.id!