Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada 1998 untuk menggantikan peran Toyota Corona Absolute, Toyota Camry memang menjadi salah satu pilihan populer di kelas sedan kelas menengah. Di segmen yang juga diisi beberapa merek dari Eropa ini, Toyota Camry mampu menjadi salah satu pemimpin di kelasnya. Bahkan mobil yang sebenarnya telah ada sejak 1982 ini mampu mengalahkan penjualan Honda Accord yang dikenal sebagai sedan menengah terlaris saat itu.
Di Indonesia sendiri, kesan premium yang dihadirkan Camry membuat mobil ini kerap dipercaya menjadi mobil dinas bagi para eksekutif hingga pejabat pemerintahan.
Sudah 20 tahun lebih hadir di Indonesia membuat Toyota Camry terus mengalami perubahan untuk merespon pasar. Tercatat sudah 5 model Camry yang hadir di Indonesia. Ini dia perjalanan Toyota Camry di Indonesia:
Toyota Camry XV20
Ini adalah Camry pertama yang dimasukan secara resmi ke Indonesia oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada 1998. Ditujukan untuk menggantikan peran Corona sebagai sedan kelas menengah Toyota di Indonesia, Toyota menghadirkan dua varian Camry di generasi ini yaitu GLX dan Grande.
GLX diposisikan sebagi varian terjangkau sedangkan Grande diposisikan sebagai tipe teratas. Secara fitur, keduanya telah dilengkapi dengan 2 airbag depan, ABS, antena elektrik, CD changer, dan spion elektrik. Namun versi Grande juga memiliki fitur yang lebih banyak seperti cruise control, jok depan elektrik, panel kayu, serta jok dan setir yang dibungkus kulit.
Untuk mesin sendiri, varian GLX menggunakan mesin 2200 cc 4 silinder SOHC dengan tenaga 133 hp dan torsi 199 nm. Sedangkan varian Grande menggunakan mesin 3000cc berkonfigurasi V6 dengan keluaran tenaga 197 hp dan torsi 283 nm. Kedua varian memiliki pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
Toyota Camry XV30
Tahun 2002 Toyota menghadirkan Camry generasi terbaru dengan kode bodi XV30 di Indonesia. Berbeda dengan Camry sebelumnya yang diimpor dari Australia, Camry generasi ini diproduksi lokal di Indonesia. Perubahan terbesar terdapat di desain bodi yang kini terlihat mirip dengan rivalnya dari Jerman seperti Mercedes-Benz.
Di Indonesia, Toyota Camry XV30 dijual dalam 2 varian; G dan V yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang tergolong mewah di zamannya seperti climate control, speedometer optitron, sensor sonar di sekitar bodi mobil, head unit dengan 6 CD dan 6 buah speaker serta jok elektrik di bagian penumpang. Penunjang keselamatan juga tergolong lengkap dengan adanya dual airbag dan sistem ABS, EBD, dan BA.
Camry XV30 hadir dengan 2 pilihan mesin yaitu mesin 2400 cc di varian G dengan kode 2AZ-FE yang bertenaga 160 hp dan torsi 220 nm. Sedangkan tipe tertinggi V menggunakan mesin 1MZ-FE berkapasitas 3000 cc V6 yang juga dipakai di Camry Grande sebelumnya dengan tenaga 197 hp dan torsi 283 nm. Tipe G memiliki pilihan transmisi manual dan otomatis sedangkan tipe V hanya dijual dengan transmisi otomatis.
Toyota Camry XV40
Berlanjut pada 2006 ketika Toyota akhirnya menghadirkan Toyota Camry generasi terbaru yang punya kode bodi XV40. Pada model ini, Camry memiliki banyak varian di berbagai dunia. Model yang dimasukkan ke Indonesia sendiri juga dikenal sebagai Toyota Aurion di Australia.
Toyota sendiri menghadirkan 3 varian di Camry generasi ini yaitu G, V, dan Q. Soal fitur, Camry XV40 tergolong lengkap di kelasnya saat itu. Hal-hal seperti rear seat reclining, sun shade switch, pengaturan kursi dan setir secara elektrik, dan AC plasma menjadi unggulan di Camry seri teratas. Soal keselamatan juga tergolong komplit dengan adanya airbag samping yang semakin menambah keamanan.
Di Camry XV40 juga Toyota menghadirkan pilihan mesin baru. Selain mesin 2400 cc berkode 2AZ-FE yang ada di tipe G dan V, ada pilihan mesin V6 3500 cc dengan kode 2GR-FE yang menghasilkan tenaga 277 hp dan torsi 353 nm. Mesin V6 ini menjadikan Camry menjadi mobil paling bertenaga di kelasnya. Untuk transmisi di tipe G dan V adalah otomatis 5 percepatan sedangkan tipe Q menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.
Toyota Camry XV50
Diperkenalkan pada 2012, Toyota Camry XV50 dihadirkan untuk menggantikan generasi sebelumnya. Berbeda dari Camry XV40, Camry generasi ini memiliki desain yang lebih mengotak dengan garis-garis yang tajam yang menegaskan kesan bahwa mobil ini adalah sebuah sedan premium kelas menengah.
Camry XV50 menghilangkan varian Q sebagai tipe tertinggi. Untuk varian tertinggi. Toyota Astra Motor menghadirkan Camry Hybrid yang punya fitur cukup mewah sepert pengatur AC dan audio di kursi belakang serta hadirnya kursi pijat di bagian belakang. Sementara tipe G dan V tetap hadir sebagai opsi lebih terjangkau.
Dapur pacu Camry XV50 adalah mesin 2AR-FE berkapasitas 2500 cc 4 silinder dengan tenaga 181 ps dan torsi 233 Nm. Mesin ini dipakai di varian G dan V. Sementara itu varian hybrid menggunakan mesin yang berbeda yaitu kombinasi mesin 4 silinder 2500 cc dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 205 ps.
Toyota Camry XV70
Hadir pada awal 2019. Toyota Camry generasi terbaru berkode bodi XV70 mengusung ubahan yang signifikan. Selain menggunakan platform baru Toyota New Generation Architecture (TNGA), desain Camry terbaru juga terlihat lebih sporty. Platform TNGA membuat Camry terbaru diklaim lebih lincah dan stabil.
Seperti generasi sebelumnya, Camry terbaru juga hadir dengan 3 tipe; G, V, dan Hybrid. Agar tak kalah dengan pesaingnya, Camry XV70 hadir dengan beragam fitur mewah seperti sistem infotainment dengan layar 9 inci dan 6 speaker, MID yang mampu menampilkan berbagai informasi penting, moon roof, AC dual zone, hingga wireless charger. Sektor keamanan juga tak ditinggalkan dengan adanya 7 buah airbag serta ABS, EBD, BA, VSC, HSA, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan brake hold.
Jeroan Toyota Camry dilengkapi dengan mesin 2AR-FE 4 silinder 2500 cc dengan tenaga 183 ps untuk tipe G dan V. Sedangkan versi hybrid menggunakan mesin berkapasitas sama dengan kode A25A-FXS yang dilengkapi motor listrik sehingga konsumsi dayanya lebih irit.