Salah satu mobil yang cukup menarik perhatian pada gelaran Indonesia International Motor Show 2021 adalah Honda City Hatchback RS. Meski sudah diluncurkan sejak Maret lalu, bisa dibilang ajang IIMS ini menjadi kali pertama publik dapat melihat secara langsung mobil yang diposisikan sebagai pengganti Honda Jazz ini.

Di ajang IIMS ini, Honda City terbilang menjadi salah satu mobil yang paling menarik perhatian, terutama di booth Honda. Dengan ubahan yang cukup banyak bila dibanding dengan pendahulunya, tidak heran jika Honda City Hatchback RS terlihat menarik untuk disimak, terlebih mobil ini akan masuk ke kelas hatchback 1.500 cc yang penuh dengan pemain lain seperti Toyota Yaris, Mazda 2, atau Suzuki Baleno.

Apa saja yang dibawa oleh Honda City Hatchback RS untuk bersaing di kelas hatchback ini?

Eksterior Honda City RS Hatchback

Eksterior Honda City Hatchback RS

Eksterior Honda City Hatchback RS ini sudah mengusung desain baru Honda yaitu solid wing face yang terlihat di bagian depan dengan grille berwarna piano black. Kesan sporty juga terlihat di bagian bumper yang memiliki air scoop dengan garis-garis yang agresif.

Di bagian samping, terlihat kalau City RS Hatchback memang memiliki dimensi bodi yang lebih besar meski lebih pendek dibanding Jazz dengan dimensi panjang 4,345 mm, lebar 1,748 mm, tinggi 1,488 mm, dan sumbu roda 2,600 mm. Agar semakin sporty, Honda City Hatchback juga dilengkapi dengan pelek 16 inci berwarna hitam.

Memasuki bagian belakang, Honda City Hatchback dilengkapi dengan lampu belakang 3 dimensi serta desain bumper belakang yang dilengkapi dengan diffuser sebagai garnish yang membuat mobil ini semakin terlihat agresif dan cocok dengan kalangan muda yang menjadi target pasar mobil ini.

Interior Honda City RS Hatchback

Interior Honda City Hatchback RS terasa sporty dan elegan.

Memasuki bagian interior, kesan sporty juga terasa kental di Honda City Hatchback RS. Ini terlihat dari jok yang memiliki aksen merah di bagian pinggir serta posisi duduk yang aerodinamis. Ketika mencoba duduk di kursi pengemudi, posisi mengemudi juga cukup ergonomis. Selain kursi yang bisa diatur posisinya, setir dari Honda City Hatchback juga bisa diatur secara teleskopik atau diatur maju mundur dan ketinggiannya.

Panel instrumen Honda City Hatchback RS tergolong sederhana dengan speedometer dan takometer analog yang didukung dengan MID monokrom di bagian tengah. MID ini dapat menunjukkan jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, jam, serta suhu di luar mobil.

Konsol tengah Honda City Hatchback RS dilengkapi dengan kontrol AC digital dengan mode auto serta pengaturan hembusan yang dapat diatur ke berbagai posisi. Di atasnya terdapat head unit 8 inci yang sudah memiliki kemampuan terkoneksi ke smartphone lewat Android Auto atau Apple CarPlay. Sektor audio juga cukup baik dengan adanya empat speaker dan dua buah tweeter.

Soal kepraktisan interior, Honda City Hatchback RS masih mempertahankan kepraktisan seperti Jazz. Selain memiliki ruang kabin yang luas serta bagian belakang yang cukup nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang memadai, City Hatchback juga dilengkapi dengan fitur Ultra Seat yang memungkinkan kursi mobil diatur sedemikian rupa secara praktis untuk mengangkut barang berukuran besar atau menjadikan kursi belakang menjadi tempat tidur.

Bagasi Honda City Hatchback RS juga cukup besar dan mumpuni untuk mengangkut berbagai macam barang. Koper ukuran sedang pun tak kesulitan masuk ke dalam bagasinya. Jika ukuran bagasi dirasa kurang, kapasitasnya bisa ditambah dengan melipat bangku belakang yang memiliki konfigurasi 40:60.

Fitur Keamanan Honda City RS Hatchback

Kamera mundur hadir sebagai standar di Honda City Hatchback RS

Fitur keamanan yang ada di Honda City Hatchback RS tergolong cukup baik. Pengereman dibantu dengan ABS, EBD, dan Brake Assist. Selain itu terdapat juga Vehicle Stability Assistant (VSA) yang dapat membantu ketika tengah berkendara di medan yang sulit. Ada juga enam buah airbag yang masing-masing terdapat di bagian depan, samping, dan curtain airbag. Untuk meminimalisir dampak kecelakaan ke dalam kabin dan penumpang, Honda City Hatchback RS menggunakan struktur G-Force Control Technology yang meredam energi benturan mobil dan mendistribusikannya secara merata ke sasis mobil.

Mesin dan Transmisi Honda City Hatchback RS

Meski di Thailand tersedia dengan opsi mesin turbo, Honda City Hatchback RS versi Indonesia menggunakan mesin baru yang berkode L15ZF. Mesin berkapasitas 1.5 liter ini juga digunakan oleh mobil Honda lain seperti Honda Civic, Honda Accord, dan Honda CR-V, meski di tiga mobil tersebut mesin ini juga dilengkapi dengan turbo.

Sekilas, mesin L15ZF ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan mesin L15 yang digunakan Honda Jazz terdahulu. Namun terdapat perbedaan yaitu kini mesin Honda City Hatchback memiliki dua camshaft yang menggerakan katup pada piston. Teknologi DOHC ini membuat besaran tenaga Honda City Hatchback RS meningkat menjadi 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Honda City Hatchback RS tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 6 percepatan dan otomatis CVT yang dilengkapi dengan paddle shift.

Harga Honda City RS Hatchback

Ditawarkan dalam enam pilihan warna, Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic. Honda City Hatchback RS ditawarkan dengan harga Rp 289 juta untuk varian manual dan Rp 299 juta untuk varian CVT. Harga ini sudah termasuk diskon pajak PPnBM 50% karena Honda City Hatchback RS dirakit di Indonesia dan memenuhi persyaratan diskon pajak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.